Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan (Konstruksi)

Tahap Pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana pada dasarnya merupakan pelaksanaan kegiatan tahapan pemanfaatan dana dalam Siklus kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan.
Kegiatan dalam tahapan ini pada garis besarnya dibagi atas 2 tahapan yaitu (1). tahap persiapan pelaksanaan dan (2). tahap pelaksanaan konstruksi itu sendiri. Adapun mekanisme kegiatan pada tahap pelaksanaan sebagaimana terlihat pada gambar 1. diagram alir pelaksanaan kegiatan pembangunan prasarana.
Masing-masing kegiatan pada diagram tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.
3.1. TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN (KONSTRUKSI)
1. Penyiapan Organisasi Pengelola Pemanfaatan & Pemeliharaan
Penyiapan organisasi Pengelola Pemanfaatan & pemeliharaan prasarana disini mencakup kegiatan (1). pembentukan Organisasi Pengelola (Struktur Organisasi) termasuk penentuan orang-orang yang akan bertanggungjawab pada setiap unit kerja, (2). Penyusunan Rencana Kerja Pemanfaatan dan pemeliharaan.
Pada prinsipnya semua prasarana yang telah dibangun harus dipelihara. Namun demikian, mengingat pemanfaat setiap prasarana tidak seluruhnya sama maka pembentukan/pengorganisasian O&P disini hanya diprioritaskan pada prasarana yang berifat umum/publik dan prasarana kelompok. Sedangkan untuk prasarana yang bersifat individu atau pengunaan oleh satu keluarga saja, tidak perlu dibentuk Organisasi Pengelolanya, seperti Jamban Keluarga, Saluran Limbah Rumah Tangga, karena sudah langsung dipelihara oleh masing-masing keluarga pengguna.
Waktu pelaksanaan pembentukan organisasi Pengelola ini dilakukan sejak awal persiapan pelaksanaan kegiatan. Jadi tidak dibentuk setelah pekerjaan fisik selesai. Pendekatan ini diharapkan dapat memunculkan “kesadaran dan rasa tanggungjawab” bagi KSM untuk memelihara sarana dan prasarana yang telah dibangunnya sehingga dapat memberikan manfaat yang berkesinambungan dan lestari. Selain itu juga diharapkan agar Tim Pengelola yang dipilih sejak awal dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan fisik/konstruksi sehingga setelah pekerjaan selesai masyarakat/tim pengelola sudah siap melaksanakan pemeliharaan.

Penyelenggaraan penyiapan organisasi pemanfaat dan pemeliharaan ini dilakukan oleh KSM melalui forum musyawarah warga pemanfaat (atau forum musyawarah pengambilan keputusan tertinggi KSM). Dan difasilitasi oleh pihak BKM/UPL, Konsultan, Ka Desa/Lurah. Secara lebih detail penjelasan apa dan bagaimana pelaksanaan dari kedua tahapan kegiatan tersebut diatas dapat dilihat pada Buku Tatacara Pemanfaatan & Pemeliharaan Sarana & Prasarana.
2. Penajaman Rencana Kerja
Suatu rencana kerja hendaklah dibuat serinci mungkin agar lebih mudah untuk dipahami dan dilaksanakan. Untuk mencapai hal tersebut tidak cukup mudah, apalagi ada keterbatasan kemampuan teknis personil dalam menyusun perencanaan dan keterbatasan waktu yang tersedia untuk merencankan kegiatan. Untuk mengantisipasi adanya kelemahan-kelemahan dalam perencanaan tersebut maka perlu dilakukan evaluasi atau penajaman kembali rencana kerja sebelum pelaksanaan dimulai.
Penajaman rencana kerja disini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh KSM selaku pelaksana kegiatan pembangunan, khususnya oleh Tim Pelaksana yang telah dibentuk, dengan tujuan untuk memperoleh suatu rencana pelaksanaan pembangunan yang lebih rinci dari rencana kerja awal (sudah diajukan dalam proposal/SPPD-L) sehingga lebih siap dijalankan dilapangan. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi adanya perubahan-perubahan dalam rencana kerja awal baik yang disebabkan oleh adanya pemahaman baru yang lebih mendalam tentang pelaksanaan kegiatan, perubahan kondisi lapangan dilokasi prasarana, ketersediaan tenaga kerja, bahan, peralatan ataupun kondisi Tim Pelaksana kegiatan sendiri, dan lain-lain yang akan mempengaruhi metode kerja pelaksanaan untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan dalam pelaksanaan konstruksi.
Penajaman rencana kerja yang dicakup disini antara lain adalah rencana jadwal pelaksanaan, rencana pengadaan/mobilisasi tenaga kerja/ bahan/alat, rencana tim pelaksana lapangan, rencana Calon Tenaga Kerja yang akan terlibat, termasuk rencana pelatihan administrasi dan teknis konstruksi bagi tim pelaksana lapangan.
Pelaksanaan hal tersebut dilakukan dengan cara mengevaluasi atau memeriksa kembali dari setiap rencana yang telah ada, apakah semua hal-hal yang diuraikan pada rencana semula (SPPD-L/Proposal) masih dapat diterapkan dilapangan. Jika ada rencana yang perlu disesuaikan kembali maka dapat langsung diperbaiki. Hasil perbaikan/perubahan inilah yang selanjutnya akan dipergunakan oleh Tim Pelaksana Lapangan sebagai acuan dalam pelaksanaan, disamping juga sebagai alat monitoring suatu pekerjaan dilapangan nanti. Keseluruhan hasil penajaman rencana ini akan menjadi masukan dalam penyelenggaraan Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Konstruksi yang diselenggarakan oleh UPL.

3. Penandatangan Surat Perjanjian Pemanfaatan Dana-Lingkungan (SPPD-L)
SPPD-L merupakan salah satu bentuk kesepakatan perjanjian kerjasama antara BKM dengan KSM dalam rangka pemanfaatan dana BLM untuk pembangunan sarana & prasarana sesuai ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan. Hal-hal yang diatur dalam perjanjian ini antara lain :
• Hal – hal yang terkait dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan yaitu ; Lingkup kegiatan, dokumen perjanjian kerja, jangka waktu pelaksanaan serta nilai perjanjian kerja.
•Hal-hal khusus yang masuk dalam perjanjian seperti hak dan kewajiban para pihak, tahap pencairan dana, penyelesaian pekerjaan dan pemeliharaan hasil pekerjaan.
• Sedangkan hal – hal umum yang perlu diatur dalam perjanjian untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang timbul selama pelaksanaan pekerjaan seperti : sanksi, force majeure dan penyelesaian perselisihan.
Dengan adanya perjanjian tersebut maka semua pihak baik BKM/UPL maupun KSM harus mentaatinya. Secara teknis bagaimana pelaksanaan isi kontrak tersebut agar dijelaskan kembali oleh UPL/BKM kepada KSM pada saat penyelenggaraan MP2K. Adapun contoh bentuk SPPD-L sebagaimana terlampir.
4. Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Konstruksi (MP2K)
Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Konstruksi disingkat MP2K adalah merupakan Rapat/Forum musyawarah warga dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Konstruksi Fisik/Pembangunan Infrastruktur (Pre Construction Meeting/PCM). Jadi Rapat ini diselenggarakan sesegera mungkin setelah ditandatanganinya SPPD-L dan sebelum dimulainya kegiatan pembangunan prasarana/fisik. Penyelenggara kegiatan MP2K ini adalah BKM/UPL (dengan difasilitasi oleh Faskel Teknik) dan dihadiri oleh seluruh pihak KSM/Panitia yang akan melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur diwilayahnya.
Forum ini ditujukan untuk membahas dan mengetahui sejauh mana persiapan-persiapan yang telah dilakukan KSM/Panitia serta untuk memberikan penjelasan-penjelasan dan penyepakatan hal-hal yang menyangkut teknis maupun administrasi dalam rangka pelaksanaan pembangunan prasarana. Jadi pada forum ini juga pihak KSM dapat melakukan konsultasi terkait hal-hal yang belum dipahami baik teknis maupun administrasi kegiatan.
a)Mengapa MP2K penting untuk diadakan sebelum dilakukannya pelaksanaan konstruksi ?

Pentingnya pengendalian waktu pelaksanaan sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang tercantum dalam proposal sebagai bagian dari substansi proses, maupun kualitas teknis konstruksi prasarana guna memenuhi persyaratan LIFETIME prasarana yang pada umumnya belum sepenuhnya dipahami dan mampu dilaksanakan oleh KSM;

-Masyarakat belum terbiasa menyusun rencana Jadwal, organisasi pelaksanaan pekerjaan, calon tenaga kerja dan rencana swadaya masyarakat, seperti yang tertuang dalam Proposal, sehingga belum sepenuhnya dipedomani dilapangan dan cenderung bersifat global bahkan banyak dipahami hanya sebagai persyaratan proposal saja;

-Pentingnya pengelolaan dan Rencana Pengadaan kebutuhan bahan/alat bagi KSM yang sinkron dengan ketersediaan dana dan Jadwal Pelaksanaan;

-Sejak awal KSM harus membentuk Organisasi O&P dan anggotanya seharusnya dapat dilibatkan langsung pada pelaksanaan kegiatan fisik;

b)Apakah hasil yang diharapkan dari pelaksanaan MP2K
Adanya Organisasi & Rencana Kerja O&P yg telah disepakati KSM;
Adanya Rencana & Jadwal Pengadaan Bahan/Alat bagi KSM;
Adanya Kepastian Daftar Calon T. Kerja yang akan dimobilisasi;
Adanya Tim Pelaksana Kegiatan Yang Paham Tugas-tugasnya;
Adanya kesepakatan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan;
Meningkatnya pemahaman KSM untuk melaksanakan SPPD-L/kegiatan secara tepat waktu, tepat kualitas, tepat biaya, tertib administrasi, dan tidak bertentangan dengan ketentuan PNPM;
c)Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan UPL Dalam Pelaksanaan MP2K
(1)Menyiapkan/memastikan : Jadwal/Waktu Pelaksanaan MP2K; Tempat Penyelenggaraan MP2K; Agenda/Susunan Acara & Metode Pembahasan; Daftar Undangan; Form Daftar Hadir Peserta; Draft BA Pelaksanaan;
(2)Membuat dan mendistribusikan Undangan kepada seluruh Peserta;
d)Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan KSM Dalam Pelaksanaan MP2K
1)Berita Acara Pembentukan Organisasi/Susunan Pengurus O&P Prasarana, termasuk rencana kerjanya;
2)Daftar Rencana Pengadaan Bahan/Alat yang siap dilaksanakan;
3)Daftar Calon Tenaga Kerja untuk BLM maupun Swadaya (siap dimobilisasi);
4)Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan lebih rinci;
5)Struktur Organisasi, termasuk susunan Tim Pelaksana Kegiatan;
Untuk selain point 1 diatas, apabila tidak ada perubahan/revisi KSM terbaru, maka dapat membawa salinan dari pada proposal sebelumnya.

e)Siapa Saja Pelaksana Dan Peserta MP2K?

Pelaksana : Penanggungjawab penyelenggaraan kegiatan MP2K adalah UPL/BKM dengan difasilitasi oleh Tim Faskel. Sedangkan Peserta : Peserta adalah semua Tim Pelaksana dari Panitia yang ada dan mengundang BKM, Tomas, Lurah/ Kades dan Tim Konsultan serta undangan lain yang dianggap perlu.

f) Bagaimana mekanisme pelaksanaan MP2K?
Secara rinci langkah-langkah pelaksanaan MP2K sbb :

Tahapan 1 : Penyampaian Undangan MP2K, Pelaksana BKM/UPL, Hasil Surat Und. diterima/ diketahui peserta, Pelaksanaan Semua Tim Pelaksana dari KSM, BKM, UPL, Tomas, Lurah/Kades dan Tim Konsultan serta undangan lain yang dianggap perlu.

Tahapan 2 : Pelaksanaan MP2K,Pelaksana UPL/Faskel,Hasil•Adanya Orgn. O&P (& Renc. Kerjanya), Jadwal Kegiatan, Renc. Pengadaan, Tim Lapangan dan kesiapan Calon Tenaga Kerja, tiap KSM;•Meningkatnya pemahaman KSMuntuk melaksanakan SPPD-L/kegiatan secara tepat waktu, tertib administrasi, memenuhi lifetime dan tidak bertentangan dengan ketentuan PNPM; •Daftar Hadir; •BA Pelaksanaan;

Pelaksanaan•Peserta diminta mengisi Daft. Hadir; •Acara dibuka oleh Ketua BKM/UPL; •Penjelasan Maksud, Tujuan, Hasil Yang Ingin Dicapai serta tatacara forum; •Pembahasan setiap Agenda. Proses pembahasan dipandu oleh UPL dan Faskel. Untuk pembahasan materi O&P (termasuk rencana kerjanya), Jadwal, Organisasi Lapangan, apabila waktu tidak memungkinkan maka dapat meminta cukup 1 KSM untuk mempresentasikan kemudian ditanggapi oleh peserta lain (khususnya faskel & UPL mengarahkan untuk hasil yang benar & optimal). Selanjutnya KSMyang lain dapat langsung melakukan perbaikan/melengkapi sesuai masukan presentasi sebelumnya; •Pembacaan Hasil Kesepakatan; •Penyusunan BA MP2K

5. Pelatihan (Coaching) Teknis dan Administrasi Pelaksanaan Konstruksi
Yaitu bimbingan/coaching yang diberikan terutama oleh Faskel Teknik dan UPL tentang teknik-teknik pelaksanaan konstruksi prasarana dan administrasi pencatatan atau pelaporan kegiatan pembangunan prasarana yang akan dilakukan KSM selam pelaksanaan konstruksi.
Kegiatan ini sangat penting dan diharapkan dapat dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan konstruksi guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan KSM sehingga tidak menemui kesulitan dalam melaksanakan kegiatan konstruksi secara benar, sesuai persyarata teknis yang ditentukan.
Kegiatan ini harus dilakukan sesederhana mungkin dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh KSM sehingga mereka benar-benar mampu dan siap untuk melaksanakan kegiatan fisik dan pengadministrasiannya. Adapun cakupan substansi materi kegiatan ini mengacu pada standar teknis dan administrasi yang telah ada dalam PNPM Mandiri Perkotaan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap KSM, khususnya terkait jenis prasarana yang dibangunnya.
Proses pembelajaran KSM ini diharapkan akan berlanjut pada kegitan “Praktek Kerja dilapangan/On the Job Trainning (OJT)” pada setiap awal pelaksanaan kegiatan konstruksi dilapangan (tahap pelaksanaan konstruksi).
6. Sosialisasi Kegiatan
Pada tahap ini, KSM melakukan sosialisasi kepada warga, khususnya anggota KSM bersangkutan mengenai keseluruhan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai SPPD-L;
7. Pembuatan & Pemasangan Papan Nama Kegiatan
Sebelum kegiatan fisik dimulai, KSM harus membuat dan memasang papan nama kegiatan/sub-proyek pada tempat strategis dilokasi kegiatan. Papan nama ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan transparansi kegiatan serta wajib terpasang selama kegiatan pembangunan prasarana berlangsung.
Informasi yang perlu tercantum dalam Papan Nama Proyek ini antara lain : Wilayah administratif kegiatan (kelurahan, kecamatan & kabupaten); Nama BKM Penanggung jawab Kegiatan; Jenis/Nama Kegiatan; Volume Kegiatan; Biaya Kegiatan (Swadaya, BLM dan Total); Waktu pelaksanaan; Lokasi kegiatan; Nama KSM Pelaksana


49 Responses to “Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan (Konstruksi)”

  1. buy viagra canada

    Buygeneric drugs…

  2. symbicort vs advair

    Buyno prescription…

  3. abilify and siezures

    Buynow…

  4. rxlist@abilify.now” rel=”nofollow”>..

    Buydrugs without prescription…

  5. Accutane@official.site” rel=”nofollow”>.

    Buywithout prescription…

  6. Aldactone@official.site” rel=”nofollow”>.

    Buygeneric drugs…

  7. abilify@anxiety.now” rel=”nofollow”>.

    Buygeneric drugs…

  8. Risperdal@official.site” rel=”nofollow”>..

    Buynow it…

  9. i@am.pregnant.how.often.can.i.take.25mg.of.phenergan.safely” rel=”nofollow”>…

    Buygeneric drugs…

  10. Zyrtec@official.site” rel=”nofollow”>…

    Buyno prescription…

  11. Verapamil

    Buygeneric drugs…

  12. alternative for warfarin medication

    Buynow…

  13. Clindamycin

    Buywithout prescription…

  14. Xalatan

    Buywithout prescription…

  15. Zyrtec

    Buyno prescription…

  16. can you take zoloft and blood pressure medication together

    Buynow…

  17. zoloft works

    Buygeneric pills…

  18. Vitamin E

    Buygeneric drugs…

  19. Zyrtec

    Buygeneric meds…

  20. Pyridium

    Buygeneric drugs…

  21. stopped taking prozac realized i like him

    Buygeneric drugs…

  22. dermatological side effects of rogaine

    Buywithout prescription…

  23. Prozac

    Buynow it…

  24. provera 10 days perimenopause

    Buygeneric drugs…

  25. singulair hyper

    Buygeneric drugs…

  26. Prozac

    Buygeneric meds…

  27. Patanol

    Buynow it…

  28. Retin A

    Buygeneric meds…

  29. Tetracycline@Tetracycline.Tetracycline” rel=”nofollow”>…

    Buyno prescription…

  30. Skelaxin@Skelaxin.Skelaxin” rel=”nofollow”>..

    Buyit now…

  31. Cytoxan@Cytoxan.Cytoxan” rel=”nofollow”>..

    Buydrugs without prescription…

  32. Cymbalta@Cymbalta.Cymbalta” rel=”nofollow”>.

    Buyit now…

  33. Seroquel@Seroquel.Seroquel” rel=”nofollow”>…

    Buydrugs without prescription…

  34. Buygeneric drugs…

  35. celexa@and.mda” rel=”nofollow”>…

    Buygeneric drugs…

  36. claritin@helps.poison.ivy” rel=”nofollow”>…

    Buydrugs without prescription…

  37. man@plan.a.and.b” rel=”nofollow”>..

    Buygeneric drugs…

  38. Buygeneric pills…

  39. aloe@vera.gel.benefits” rel=”nofollow”>.

    Buyit now…

  40. protopic@ointment.and.antibiotics” rel=”nofollow”>…

    Buydrugs without prescription…

  41. motrin@for.61.pounds” rel=”nofollow”>…

    Buygeneric meds…

  42. arava@institute.for.enviornmental.studies.dr.elaine.solowey” rel=”nofollow”>..

    Buynow…

  43. best@ay.to.take.extenze” rel=”nofollow”>…

    Buyit now…

  44. femara@and.hives” rel=”nofollow”>..

    Buyno prescription…

  45. treatment@c.diff.flagyl” rel=”nofollow”>…

    Buyit now…

  46. .

    Buyno prescription…

  47. livingston@foot.care.bellmore” rel=”nofollow”>.

    Buyit now…


  48. CHEAP GENERIC PHARMACY : -==== Men’s Health Drugs ====-

    Buy Cheap Generic Drugs Now!…


  49. GENERIC PHARMACY : -==== Anti Convulsants Cure ====-

    Buy Generic Drugs Now!…

Leave a Reply

Packaged by Edublogs - education blogs.